Friday, April 13, 2018

Guru adalah Pembimbing Semua Anak



Saya tergerak untuk menulis hal ini dikarenakan ada hal positif yang kami rasakan saat mas ada di kelas 4 MI sekarang ini. Saat tulisan ini dibuat sudah beranjak semester dua akhir dan kurang lebih sebentar lagi Ramadhan tiba. Kelas 4 MI mas  Wise sekarang ini dibina oleh wali kelas Ibu Upit atau lebih tepatnya Miss Upit adalah guru mata pelajaran bahasa inggris dan tematik. Sebenarnya secara personal saya tidak terlalu banyak interaksi dengan beliau. Tetapi ada hal yang saya amati sangat penting dalam penerapan posisi sebagai wali kelas yaitu melibatkan siswa. Sepanjang kelas 4 ini paling tidak ada beberapa momen yang saya tangkap sebagai dasar kenapa saya beralasan proses melibatkan siswa ini dilakukan.

Marching Band

Dua minggu lalu ada Jambore Ekskul di MP UIN, dan menariknya di acara pembukaan ada yang melakukan performansi Marching Band. Anggota Marching band ini anggotanya adalah kelas 4 nya mas Wise. Menarik, bahwa ada beberapa hal yang paling tidak dimodifikasi untuk bisa melakukan latihan marching band ini.  Untuk latihan tentu saja akan lebih mudah bilamana dilakukan oleh satu kelas dibanding mengambil anggota dari kelas yang berbeda. Tiap anggota dari kelas berbeda akan tidak diuntungkan bilamana proses latihan mengambil jam belajarnya atau jam ekskulnya. Paling tidak saya bisa menebak jam latihan dilakukan pagi hari setelah Curriculum Habit atau menggunakan jam Tematik yang memang ada materi Seni (SBDP)  di dalamnya. Saat penampilan mereka memakai seragam marching band dan cheerleader, semua dari MP UIN.  Ada tiga lagu ditampilkan, salah satunya Bangun pemudi pemuda ciptaan A. Simanjutak. Mas wise memainkan alat musik pianika, kalo tidak salah hitung ada sekitar 2 kali latihan sebelum performansi ini. Bagi saya yang belum mandi saat mengantar dan menonton penampilan mereka, mereka tampil dengan cukup baik.

Tari Badindin

Lalu ada hal yang lain juga bisa saya pelajari dari proses melibatkan siswa. Hari ini, ada peringatan Isra Mi’raj di MP UIN dan kelas 4 nya mas Wise kembali tampil. Kali ini mereka performansi tari lagu badindin (kalo saya ditanya sampai sekarang pahamnya dinding mak dinding). Saya sempat bertanya siapa yang melatih untuk performansi ini, mas Wise jawab Bu Mai.  Bu Mai ini juga pengajar tematik di kelas 4 MP UIN. Maka makin pahamlah saya bahwa materi seni (SBDP) dalam tematik ditampilkan lewat performansi ini.  Saya sudah lihat video via kiriman Whatsapp bunda sebelum Sholat Jumat tadi, sekilas gerakannya menyerupai gerakan tari saman dengan ritme yang lebih lambat. Beberapa anak perempuan ada di dua baris depan, kemudian anak lelaki termasuk mas Wise ada di baris belakang. Nice…they did awesome job !

Teori Keterlibatan Siswa

Keterlibatan siswa bisa diartikan sebagai siswa berperan aktif sebagai partisipan dalam proses belajar mengajar. Menurut Dimjati dan Mudjiono(1994:56-60), keaktifan siswa dapat didorong oleh peran guru. Guru berupaya untuk memberi kesempatan siswa untuk aktif, baik aktif mencari, memproses dan mengelola perolehan belajarnya.

Untuk dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar guru dapat melakukannya dengan ; keterlibatan secara langsung siswa baik secara individual maupun kelompok; penciptaan peluang yang mendorong siswa untuk melakukan eksperimen, upaya mengikutsertakan siswa atau memberi tugas kepada siswa untuk memperoleh informasi dari sumber luar kelas atau sekolah serta upaya melibatkan siswa dalam merangkum atau menyimpulkan pesan pembelajaran.

Dan paling tidak kelas 4 nya mas Wise kali ini melakukan hal ini, wali kelas melibatkan seluruh siswa dalam hal performansi ke seluruh sekolah. Setidaknya ada negosiasi dan perencanaan yang dilakukan untuk melakukan hal ini, dan dilakukan dengan cukup baik. Saya berharap di sisa semester dua ini dan juga 2 tingkat mendatang mas Wise masih mendapatkan hal-hal yang sangat positif dari sekolahnya.




Referensi 
http://belajarpsikologi.com/keterlibatan-siswa-dalam-proses-belajar-mengajar/





1 comment:

  1. Tithi Titanium - Tithi Tithi Tithi (Capsicum Chinense)
    Tithi Titanium - Tithi ion chrome vs titanium Tithi. Type: Heirloom Pepper Seeds. Year: 1999. Type: Heirloom titanium hair trimmer as seen on tv Pepper. Description: Heirloom Pepper, titanium nitride coating service near me from titanium apple watch band Trinidad ceramic vs titanium curling iron

    ReplyDelete