Monday, June 2, 2014

Resume Buku : Survival 13 – Dunia Serangga 1



Resume Buku : Survival 13 – Dunia Serangga 1
Naskah         : Hong Jae Cheol
Gambar        : Lee Tae Ho

 


Hai Readers, Kembali lagi dengan resume buku… buku anak dan kali ini Educomics lagi. 

Berkisah tentang petualangan tiga anak SD, yang tiba-tiba menjadi kecil karena sinar kuning aneh dan harus berusaha bertahan di padang rumput yang penuh dengan serangga. Ada Mari, gadis cantik yang punya banyak pengetahuan tentang serangga, lalu Juno, anak super pede yang berbekal pengetahuan tentang survival, dan Nuri anak yang handal menggunakan ketapel. Disini mereka juga belajar mengenai apa itu serangga ? Jenis-jenis serangga atau cara bertahan hidup di luar rumah. 

Di buku ini kita akan dikenalkan terlebih dahulu tentang serangga, bahwa tubuh serangga itu terbagi atas tiga bagian : Kepala, Dada dan Perut. Ini mengapa bahasa inggris dari serangga adalah Insect (Di dalam / tubuhnyaa terdiri ruas-ruas). Di kepalanya ada sepasang antenna dan ommatea (mata majemuk) serta 3 buah stemma. Di bagian dada ada 3 pasang kaki dan sepasang sayap. 

Maka kisah selanjutya pun tentang bagaimana ketiga anak ini bertemu dengan berbagai macam serangga, disertai penjelasan tentang masing-masing serangga itu. Mengagumkannya bahwa serangga adalah penguasa bumi ini, dimana ¾ populasi di bumi diisi oleh serangga. Kekuatan mereka yang bisa beberapa kali mengangkat benda di atas berat badan mereka. Semut mampu mengangkat 50 kali berat tubuhnya dan kumba menarik benda yang beratnya 300 kali berat tubuhnya. 

Serangga ini juga keren loh, mereka bisa membuat cahaya dari cairan yang ada di tubuh mereka. Nah, kalau mereka mencari mangsa masing-masing serangga masih punya cara tersendiri, ada yang membuat perangkap dengan jaring seperti laba-laba, atau membuat lubang seperti undur-undur. 

Buku survival ini adalah buku kedua setelah “ngga sengaja” menemukan buku di rak kumpulan buku obral di Carrefour Survival Borneo seharga Rp. 10000 saja.  Ide menarik tentang menjadi kecil, adalah hal yang membuat buku ini menarik. Karena saat memandang sesuatu dengan lebih tinggi maka kita sulit melihat lebih dalam dan terang sesuatu itu. Maka dengan menjadi seukuran atau bahkan lebih kecil kita bisa lebih tahu bahwa manusia sangatlah tidak berdaya bila dibandingkan scenario dan rekayasa yang Allah Subhanahuwata’ala ciptakan. Tentu sisipan untuk selalu siap survival bertahan hidup di alam liar selalu ada di serial buku ini.




No comments:

Post a Comment