Monday, June 2, 2014

Resume Buku : Kumpulan Cerita Sains untuk anak - 2

Resume Buku : Kumpulan Cerita Sains untuk anak - 2
Penerbit        : Bhuana Ilmu Populer



Memang korea terkenal dengan kemampuannya menjabarkan buku pengetahuan menjadi sesuatu yang mudah dicerna. Dan kembali lagi lewat buku ini juga saya terpukau dengan kemampuan penulis naskan dan illustrator untuk memberikan pemahaman tentang ilmu pengetehuan dengan mudah. 

Di bagian pertama sudah dibuka dengan cerita membedakan buah dan sayur ? Nah loh, sebagai orang dewasa pertanyaan dari anak-anak ini pasti cukup membuat kita harus mencari referensi dulu kan. 

Di buku ini kisahnya dimudahkan tentang bagaimana sekumpulan kelinci yang terancam akan dimakan oleh seekor beruang besar. Dengan pengetahuannya para kelinci ini menawarkan berbagai macam sayuran, maksudnya sih supaya si beruang kenyang dan tidak jadi memakan mereka . Tetapi dasar memang si beruang fitrahnya harus makan banyak, maka sekian sayuran sudah diberikan tetap saja masih belum kenyang juga.  Maka seekor kelinci muda pun mencoba menghalau si beruang besar dengan akal yang cerdik. Dia memberikan sayuran yang berbentuk bungkusan dengan isi sayuran-sayuran lain. Nah diberikan makanan berupa sayuran ini ke si beruang, sekian menit kemudian si beruang merasa kepedasan dan mencari-cari air lalu pergi meninggalkan kumpulan kelinci. Ternyata dalam makanan tadi berisi.. sayuran seperti bawang putih, bawang merah dan juga cabai..tentu saja si beruang akan lari tunggang langgang..hehe.

Kisah selanjutnya adalah tentang Simbiosis Mutualisma…Nah masa sih topic begini bisa disampaikan mudah ke anak-anak usia bawah SD macam mas Wise. Bagaimana dua mahluk hidup bisa bekerjasama saling berdampingan dan sama-sama mendapatkan keuntungan ? Tetapi sangatlah mudah dicerna bagaimana dua mahluk hidup yaitu buaya dan burung plover yang saling membantu satu sama lain diceritakan berselisih paham. Padahal selama ini kan si burung plover membantu buaya untuk membersihkan gigi-giginya, plover akan mematuki sisa makananan di gigi buaya sehingga buaya bisa tetap bersih giginya. Suatu hari si burung plover agak sedikit terlalu keras mematuki gigi buaya, dan buaya pun marah, Mereka kemudian bertengkar dan menganggap satu sama lain tidak membutuhkan. 

Bahkan si buaya pun bersikeras mencari teman lain untuk membersihkan giginya, maka berkelanalah dia hingga bertemu burung jalak dan kerbau, kepiting dan anemone, serta ikan paus dan remora…karena mereka sudah berkepentingan dan berpasangan satu sama lain untuk membantu tentu saja tidak ada yang mau menjadi pasangan buaya dan membersihkan giginya.  Di akhir cerita, buaya dan burung plover berdamai. Mereka sadar bahwa satu sama lain saling membutuhkan dan belajar bahwa banyak teman-teman binatang lainnya yang saling membantu satu sama lain.

Masih banyak kisah di buku ini yang mengenalkan tentang sains atau ilmu pengetahuan dengan bahasa dan kisah yang mudah dicerna. Dan karena saya dapat dari hasil hunting di toko buku bekas, maka membuatnya lebih menarik lagi untuk dibaca dan dibahas bersama mas Wise.
 

No comments:

Post a Comment