Wednesday, September 21, 2011

Sidang Skripsi Adek


Dah lama ga isi blog ini,

Tapi ini special moment jadi harus ada yang kutulis sebagai pengingat. Hari ini Adekku yang terkecil Sidang Skripsi. Dengan segala perjuangan yang dilakukannya akhirnya sampai juga di posisi seseorang mahasiswa yang mau diuji. 

Baiknya, sedikit melihat ke belakang soal si Adek. Adek ini prestasinya oke, bahkan PMDK pun didapatnya selepas SMU. Dulu ngga mau diambil PMDK-nya karena alasan itu dan ini. Lalu UMPTN lah dia dan akhirnya ... ngga dapat. Akhirnya dia mencoba ujian mandiri di sebuah kampus islam negeri di Ciputat. Dan Alhamdulillah, diterima di sana Fakultas Farmasi. 

Adek memang kuat di Eksak, kalo nilai Eksak terutama biologi pasti oke punya. Dan ajang masuk kampus dimulai dengan segala sesuatu yang saya anggap ... RIBET. Ini karena ngga kenal tuh yang namanya bawa - bawa barang aneh ke kampus , pakai baju warna warni, bahkan bawa tas kardus. Nah si Adek neh tipenya suka bingungan, kalo kata Adekku yang nomor 2 tuh 'ga santai coy'. Kalo soal gene - gene tuh rumah jadi rame macem mau sidang kabinet. Semua penghuni rumah ikutan sibuk dari siapin baju sampai bagian anter menganter.

Singkat cerita, masuklah dia di Fakultas Kesehatan Jurusan Farmasi kampus islam negeri ini. Dan tidak ada masalah seperti biasa kalo soal eksak, semua mudah dikuasai. Akan tetapi, dia memutuskan meninjau kembali soal kuliah farmasi ini. Adek menganggap kalo biayanya mahal, terutama soal praktek dan buku - buku rujukan atau referensinya. 

Dengan berbesar hati dia pindah jurusan ke Fakultas Syariah Jurusan Perbankan. Ini yang akan selalu saya ingat bahwa kami memang siap dengan kondisi apapun tapi bukan untuk berkecil hati. Semua akan dihadapi dengan semua kekuatan dan kemampuan berpikir, karena semua berpulang ke Allah SWT, manusia hanya NOTHING. 

Hal yang membanggakan lainnya adalah saat pindah jurusan, prestasi akademiknya Alhamdulillah baik. Allah selalu memberikan jalan bagi Mamah dan Bapak agar mudah membayar segala kebutuhan kuliah. Adek hampir selalu dapat beasiswa setiap semester kuliahnya. 

Per tahun ini adek mulai garap skripsinya. Karena jurusan perbankan ya tentu saja harus terkait dengan Bank, baik manajerial, strategi maupun analisanya. Namanya skripsi kalau ngga ada lika likunya ya ngga oke, dimulailah yang namanya petualangan cari judul, ganti judul, susahnya nemuin dosen, buku referensi yang ajaib dicarinya, bahkan lokasi penelitian.

Lokasi penelitian ... hmmm ini super menarik. Adek niatnya mau mengadakan penelitian di sebuah bank BUMN syariah yang bersifat kerakyatan. Ikhtiarnya dimulai dengan mencari kakak kelas sealmamaternya yang bekerja di Bank tersebut. Dimulai dengan mendatangi kantor pusat bank di Tanah Abang Jakarta Pusat, hasilnya nihil. Lalu disambanginya ke kantor bank tersebut di tempat lain, hasilnya lebih menyakitkan hati karena orang yang sudah menyatakan persetujuan di telepon saat akan ditemui di kantor menolak dengan alasan bukan urusannya.

Karena ikhtiar ini belum berhasil, maka ditempuhlah jalan lain yaitu melalui Bundanya Hikam. Ah, ngga perlu tahu lah caranya pokoknya akhirnya bisa praktek di kantor cabang bank ini di Cipulir. 

Hari ini adek sidang jam 08.00. Barusan Cav SMS, ngga lama kemudian ada balasan "sidang skripsiny alhamdulillah lncar dpt A,,cum laude"

Alhamdulillah, terima kasih ya Allah atas semua karunia-Mu. Adek, Selamat ya, satu gerbang dilewati saatnya menuju gerbang lain yang penuh tantangan baru.

No comments:

Post a Comment